UNGKAPAN SYUKUR TOKOH-TOKOH PL (Kelas 4 SD)


PELAJARAN 18
UCAPAN SYUKUR TOKOH-TOKOH PERJANJIAN LAMA

Gambar Israel menyeberangi laut 


selamatan Jawa

  • Bangsa Israel merupakan bangsa yang memiliki kemampuan religius sehingga mampu melihat pengalaman serta sejarah bangsanya sebagai pengalaman dalam bimbingan Allah.
  • Allah menyertai bangsa Israel sejak kisah penciptaan, dari keluarga yang hidup berpindah-pindah, pengalaman menetap di tanah Mesir, pengalaman diperbudak oleh bangsa Mesir, perjalanan keluar dari Tanah Mesir, hingga terbentuk sebagai suatu bangsa.
  • Pengalaman pembebasan dari perbudakan Mesir yang disebut perayaan Paskah, menjadi titik tolak ungkapan syukur bangsa Israel. Mereka bersyukur, atas pertolongan dan karya Allah, mereka mengalami pembebasan dan tinggal menetap di suatu wilayah, menjadi suatu bangsa.
  • Ungkapan syukur bangsa Israel itu tidak terlepas dari Musa,yang telah memimpin mereka keluar dari Mesir. Ungkapan syukur atau madah Musa ditujukan untuk mengakui kemuliaan Tuhan pencipta yang sempurna, setia, adil dan benar.
  • Sebagai ciptaan Tuhan yang paling mulia, manusia dianugerahi akal budi. Dengan kemampuan akal budinya, manusia mampu mendalami pengalamannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI UJIAN PRAKTEK KLS VI

RANGKUMAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SD, UNTUK BLOK TEST PERTAMA '20/'21

RANGKUMAN AGAMA KATOLIK SD, PERSIAPAN BLOK TEST KEDUA SMSTR 2 2019