TRADISI DI MASYARAKAT (KELAS 3 SD)



PELAJARAN 16 
TRADISI MASYARAKAT

Berikut adalah gambar tradisi selamatan Jawa.


Tradisi Bakar batu Papua





  1. Tradisi adalah kebiasaan yang dilakukan sekelompok orang atau masyarakat tertentu sejak zaman dahulu; dilakukan berulang-ulang dalam waktu lama; dan diwariskan turun -temurun. Tradisi yang sesuai dengan rencana keselamatan Allah biasanya menyenangkan, diikuti orang banyak, mempererat tali persaudaraan, dan mendidik generasi muda.
  2. Tiap suku bangsa memiliki kekhasan adat, kebiasaan, tradisi, dan kebudayaannya masing-masing. Ritual bakar batu adalah tradisi orang Papua. Rumah Gadang adalah rumah tradisional orang Sumatra Barat. Tari kecak adalah kesenian tradisional Bali dan Tedhak Siti adalah ritual tradisional orang Jawa. Kebanyakan tradisi yang berkembang dalam masyarakat Indonesia, berkait dengan bahasa, agama, bangunan, kesenian, ritual, dan lain sebagainya.
  3. Sebagian besar tradisi yang ada layak dilestarikan, bahkan dikembangkan. Namun, ada juga tradisi atau kebiasaan tertentu yang tidak layak untuk dilakukan lagi pada zaman ini apalagi dilestarikan.
  4. Tradisi selalu muncul dalam kebersamaan. Tradisi adalah sarana untuk mempertahankan kebersamaan dan menandai identitas sekelompok orang atau suku. Tradisi menyebabkan terjadinya interaksi, silaturahmi, dan komunikasi intens yang mempererat kekerabatab kelompok.
  5. Tuhan Yesus datang tidak hanya untuk mempertahankan tradisi, tapi juga untuk menyempurnakannya dan memperbaruinya.
Yesus ditemukan dalam Bait Allah ( Luk 2 : 41 - 52)




video

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI UJIAN PRAKTEK KLS VI

RANGKUMAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SD, UNTUK BLOK TEST PERTAMA '20/'21

RANGKUMAN AGAMA KATOLIK SD, PERSIAPAN BLOK TEST KEDUA SMSTR 2 2019