HIDUP BERSAMA YANG DIJIWAI ROH KUDUS (KLS 5 SD)





HIDUP BERSAMA YANG DIJIWAI ROH KUDUS

Pelajaran 16

  1. Dalam Matius 5 : 13 - 16, Yesus memerintahkan agar murid-murid-Nya menjadi garam dan terang dunia. Menjadai garam dan terang dunia berarti berbuat baik. Perbuatab baik itu tidak boleh disembunyikan. Perbuatan baik itu perlu dilakukan di tengah masyarakat. Perbuatan baik itu bukan untuk mencari pujian, melainkan agar orang memuliakan Allah. Sebab semua perbuatan baik bersumber dari Allah.
  2. Perbuatanperbuatan baik sangat diperlukan dalam hidup bersama. Menurut surat Santu Paulus kepada Jemaat di Galatia, sikap-sikap baik yang diperlukan dalam hidup bersama yaitu : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri, tidak gila hormat, taidak saling menentang, dan tidak saling mendengki. Semua itu merupakan buah-buah Roh. Barang siapa menjadi milik Kristus, ia telah menyalibkan hawa nafsu dan keinginan-keinginan pribadinya.
  3. Menurut Santo Paulus, sikap-sikap yang menghambat hidup bersama antara lain: pertengkaran, perselisihan, iri hati, amarah, mementingkan diri sendiri, gila hormat, dll. Itu semua merusak hidup bersama.
  4. Maka sikap kerja sama dan saling memperhatikan dan menghargai sangat dibutuhkan dalam hidup bersama.
  5. Orang dibaptis berarti menanggalkan cara hidup lama dan mengenakan cara hidup baru seperti Krisrtus. Cara hidup baru itu berlandaskan pada kasih, sukacita, damai, dan sebagainya.

Berikut gambar-gambar yang menunjukkan hidup bersama yang dijiwai Roh Kudus.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI UJIAN PRAKTEK KLS VI

RANGKUMAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SD, UNTUK BLOK TEST PERTAMA '20/'21

RANGKUMAN AGAMA KATOLIK SD, PERSIAPAN BLOK TEST KEDUA SMSTR 2 2019