ARTI



ARTI MASA ADVEN
Istilah “Adven” berasal dari kata Latin “ Adventus” yang berarti  “kedatangan” . Dalam Liturgi Gereja, Masa adven merupakan masa menanti dan mengenang kedatangan Yesus Kristus.
      Masa Adven dibagi  dalam dua bagian besar, yaitu :
1)      Dua minggu pertama Masa Adven berkaiitan dengan “parousia” (kedatangan Kristus kedua pada akhir  zaman).
2)      Dua Minggu terakhir berkaiitan dengan misteri Natal (kedatangan pertama Kristus)
Sehingga selama masa Adven ini kita mengenang sekaligus mengharapkan kedatangan Yesus Kristus; bukan hanya kenangan akan Natal 2015 tahun yang lalu atau persiapan hari akhir zaman tapi juga untuk mempersiapkan datangnya perayaan Natal.

                Kewajiban  bagi seluruh umat untuk mempersiapkan diri pada masa adven dinyatakan oleh Gereja pada Konsili Saragossa di Spanyol pada tahun 380. Karena hal itu penting bagi perayaan Natal itu sendiri. Hari Raya Natal perlu disiapkan dengan hati yang layak dan pantas.

ARTI CHRISTMAS
                Dalam ucapan selamat Natal, kita sering membaca pada kartu Natal atau pada poster, atau pada pohon terang dan kandang natal, kata-kata “ A Merry Christmas”. Kerap digabung menjadi “ A MERRY CHRISTMAS AND HAPPY NEW YEAR”, yang sering diterjemahkan “selamat Hari Natal dan Tahun Baru”.
                Sejarahnya, pada tahun 1038, di Roma, perayaan  kelahiran Yesus dirayakan dalam perayaan yang disebut dalam bahasa Inggris kuno “CRISTES MAESSE”,  artinya MISA KRISTUS. Selanjutnya pada tahun 1131 , lebih dipersingkat lagi menjadi  CRISTES –MESSE.
                Pada abad ke 16, CHRISTES-MESSE digabung menjadi  CHRISTMAS yang sebanarnya berarti MISA KRISTUS, tetapi diterjemahkan banyak orang dengan SELAMAT HARI NATAL. Ada benarnya karena MISA KRISTUS itu adalah misa yang merayakan kelahiran Yesus.
                Kadang-kadang Christmas disingkat menjadi X-mas, karena haruf pertama dari Kristus (Khristos) dalam bahasa Yunani  itu mirip dengan huruf X. Karena itu kita mendapat singkatan X-mas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI UJIAN PRAKTEK KLS VI

RANGKUMAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SD, UNTUK BLOK TEST PERTAMA '20/'21

RANGKUMAN AGAMA KATOLIK SD, PERSIAPAN BLOK TEST KEDUA SMSTR 2 2019