RANGKUMAN AGAMA KATOLIK SMA PAT '20







RANGKUMAN AGAMA KATOLIK SMA UNTUK  PAT  ’19-‘20
KELAS : 10

v  Segala adat istiadat,kebiasaan dan ajaran yang diwariskan nenek moyang kita disebuT tradisi.
v  Salah satu ajaran iman yang diwariskan Sejak Gereja Perdana (para rasul) berkaitan dengan pengakuan iman Gereja akan Allah dan Yesus Kristus tertuang jelas dalaM : Syahadat/credo.
v  Syahadat yang paling singkat : Syahadat Para Rasul, Sedangkan syahadat panjang yakni : Syahadat Konsili Nicea- Konstantinopel.
v   Di antara dua (2) syahadat dalam Kitab Suci,syahadat yang paling tua : Syahadat Para Rasul.
v  Salah satu kelompok aliran dalam masyarakat Yahudi yang selalu melakukan gerakan pemberontakan melawan penjajah dengan mengusung ideologi nasionalisme untuk menciptakan kemerdekaan sejati Israel : kaum Zelot
v  Salah satu paham tentang Kerajaan Allah yang tumbuh di zaman Yesus yakni Kerajaan Allah yang berciri apokaliptik.Istilah apokaliptik berhubungan dengan sesuatu yang bersifat : tersembunyi.
v  Manusia harus mengakui kekuasaan Kerajaan Allah dan percaya kepada-Nya sehingga tercipta kebenaran,keadilan dan kesejahteraan merupakan isi kerajaan Allah yang mengandung makna: Allah meraja/memerintah.
v   “Orang yang berbuat baik akan masuk Surga,orang berdosa akan masuk Neraka”. Pernyataan ini berkaitan dengan salah satu isi warta Kerajaan Allah versi Yesus yaitu : Kerajaan Allah itu diperjuangkan oleh semua umat beriman.
v  Mukjizat, tanda heran dan perbuatan baik yang diwartakan Yesus mau mendorong orang untuk percaya dan bertobat.Mukjizat yang dibuat Yesus mau menunjukkan bahwa : Kerajaan Allah itu sudah ada dalam diri Yesus.
v  Yesus mewartakan Kerajaan Allah melalui media  : Perumpamaan/cerita
v   Perumpamaan Yesus dalam teks Matius 24 : 43 – 44 yang diilustrasikan bagai “pencuri yang datang pada waktu malam dan tidak diketahui waktunya” bermakna : Kerajaan Allah datang tiba-tiba dan tidak disangkakan.
v  Yesus tidak hanya mewartakan Kerajaan Allah dengan sabda/kata-kata namun juga dengan perbuatan-perbuatan.Adapun perbuatan yang dimaksud yakni : mukjizat, bergaul dengan semu orang, membebaskan orang dari beban hukum , memanggil para pengikutNya.
v   Segala perbuatan mengejutkan/tanda heran yang dibuat Yesus untuk menunjukkan Kerajaan Allah kepada manusia disebut : mukjizat.
v   Cinta universal artinya : memberi perhatian dan cinta kasih  kepada semua orang.
v  Ciri-  ciri cara hidup orang-orang yang dipanggil Yesus : harus meninggalkan segala-galanya, belajar dan hidup dekat dengan Yesus, siap diutus untuk mewartakan Kerajaan Allah dan siap menderita.
v   Perayaan Bangsa Israel untuk memperingati peristiwa pembebasan dari Mesir yang berlangsung selama 7 hari disebut : perayaan Paskah Yahudi.
v  Di zaman Yesus muncul banyak orang yang mewartakan ramalan masa depan dan sering kali akan disusul pemberontakan dalam masyarakat.Para peramal itu disebut : nabi palsu
v  Orang Yahudi beristirahat dan hanya berdoa tanpa melakukan aktivitas lain pada waktu : hari Sabat.
v  Salah satu tahap penting dalam proses penyaliban Yesus didahului dengan pengadilan Yesus di depan Imam Agung.Imam Agung yang mengadili Yesus  : Kayafas. Sedangkan wakil pemerintahan Romawi yang mengadili Yesus di pengadilan negeri : Pontius Pilatos


KELAS : 11

v  Hak yang melekat dalam diri tiap manusia sejak lahir berdasarkan martabatnya disebut:  hak asasi.
v  Piagam Hak Asasi Manusia PBB dideklarasikan pada 10 Desember 1948 di kota : Paris.
v  Hal mendasar yang  mendorong muinculnya Piagam HAM yakni :.fenomena pelanggaran dan pemerkosaan atas hak-hak manusia.
v  Yang termasuk hak sipil adalah : setiap orang berhak untuk hidup dan tiap orang berhak mendapat pendidikan yang layak.
v  Yang terkategori dalam hak sosial –budaya : .tiap orang bebas berpikir dan berpendapat dan.tiap orang berhak mendapat jaminan waktu sakit
v  Salah satu fakta historis bangsa Israel ketika hak mereka diinjak-injak yakni saat mereka diperbudak oleh bangsa Mesir.
v  Nabi yang memimpin Israel keluar dari perbudakan di Mesir : Musa
v  Visi Gereja tentang HAM tertuang secara eksplisit dalam : Laborem Exercens artikel 21. Manusia
v  Dalam dokumen di  atas, manusia disebut sebagai makhluk yang mempunyai Jiwa berbudi dan diciptakan menurut : citra Allah
v  Yang termasuk perjuangan Gereja menegakkan HAM : Tahun 1974 panitia Yustita Pax menerbitkan kertas kerja tentang HAM dan Komisi Teologi Internacional mengeluarkan tesis tentang martabat manusia.
v  Sejarah eksistensi bangsa Indonesia sudah berlangsung pelanggaran HAM yakni: zaman feodal, zaman kolonial Belanda, zaman Jepang  dan zaman Orde Baru.
v  Yang merupakan pelanggaran HAM kaum perepuan adalah : Kaum perempuan masíh kurang berperan penting dalam politik dan wanita diperdagangkan sebagai pelacur (traffiking).
v  Sebab terdalam pelbagai pelanggaran HAM dalam ragam bentuknya yaitu : adanya struktur masyarakat tak adil yang diciptakan oleh penguasa.
v  Sikap dan tindakan Yesus pada kaum miskin di zamanNya : memihak dan membela mereka.
v  Salah satu contoh sikap pembelaan Yesus terhadap hak kaum perempuan adalah : membela perempuan yang tertangkap basah berzinah.
v  Di Indonesia,Gereja memperjuangkan HAM melalui lembaga yang disebut Konfrensi Wali Gereja Indonesia (KWI)
v  Lembaga bentukan KWI dan Keuskupan untuk
             memperjuangkan HAM :  Komisi Keadilan dan perdamaian ,Kimisi Migran,                      Komisi Mitra Perempuan dan Komisi Hubungan Antaragama
v  Pembohongan sistematis,indoktrinasi ,dan teror termasuk contoh kekerasan psikologis.
v  Ujicoba nuklir Korea Utara di wilayah Korea Selatan merupakan contoh kekerasan : tersamar


v  Fanatisme dan fundamentalisme dalam beragama termasuk kekerasan:  tersembunyi/ laten.
v  Kekerasan yang terjadi dengan cara pelecehan ,penghancuran nilai budaya minoritas  demi hegemoni kekuasaan disebut kekerasan : politik.
v  Penebangan pohon di hutan secara liar untuk pembangunan tanpa memperhatikan keseimbangan ekologis tergolong kekerasan: lingkungan hidup
v  Yesus juga mendapatkan kekerasan menjelang kematianNya di Salib melalui peristiwa penangkapanNya.Kisah ini tercatat dalam teks : Matius 26 : 47 – 56
v  Pengguguran kandungan dengan sengaja disebut : aborsi.
v  Tindakan membunuh seseorang agar bebas dari penderitaan yang amat berat disebut : euthanasia.
v  Secara umum yang disebut Narkoba atau Napza adalah sebagai berikut : narkotika, alkohol, psokotropika, zat adiktif.
v  Hukuman atau vonis yang dijatuhkan pengadilan (atau tanpa pengadilan ) sebagai
        bentuk hukuman terberat : hukuman mati
v  Hukuman dengan cara potong kepala disebut : pancung




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI UJIAN PRAKTEK KLS VI

RANGKUMAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SD, UNTUK BLOK TEST PERTAMA '20/'21

RANGKUMAN AGAMA KATOLIK SD, PERSIAPAN BLOK TEST KEDUA SMSTR 2 2019