KITA BHINEKA-KITA INDONESIA



KITA BHINEKA – KITA INDONESIA

          Tema kegiatan faith day Sekolah Harapan Bangsa pada 14 Februari 2018 adalah Kita Bhineka – Kita Indonesia.Adapun hal ini merupakan materi permenungan Gereja Katolik Keuskupan Agung Jakarta pada masa prapaskah/Puasa 2018. Maka, Sekolah Harapan Bangsa yang sebagian peserta didiknya adalah Katolik, dengan seharusnya ikut serta dalam permenungan tema  di atas.
Keberagaman merupakan hal yang bersifat kodrati. Dengan cara apa pun keanekaragaman tidak  akan bisa  diubah menjadi keseragaman. Suka atau tidak suka, kehidupan siapa pun, di mana pun, harus berputar di atas fenomena yang tidak bisa  dimungkiri ini. Agama, sebagai contoh, akan selalu berjenis-jenis, demikian pula individu, suku, bangsa, negara, dan budaya. Pengelompokan atas dasar semua ini, dalam berbagai skala, akan selalu ada. Bila tidak dikelola dengan baik, kebhinekaan akan mudah sekali membebani peradaban dengan keterpisahan, keretakan, ketegangan, kebencian, permusuhan, diskriminasi, ketidakadilan dan ketimpangan. Berikutnya, pertikaian dan konflik merupakan titik-titik lanjut yang niscaya mungkin terjadi. Ujung dari semua ini adalah kebersamaan antar-individu dan kelompok yang bertikai.
Kebhinekaan dalam konteks Indonesia amat relevan. Negara dan bangsa Indonesia terdiri dari 17.504 pulau, 1.340 suku bangsa, 546 bahasa dan 6 agama. Kendati begitu beragam, namun tetap satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan rumah bersama.Maka semboyan kita Bhineka- Kita Indonesia harus selalu berdengung dalam hati setiap warga Negara Indonesia.
Peserta didik dan keluarga besar Sekolah Harapan Bangsa justru berada dalam realitas kebhinekaan bangsa Indonesia. Agama ,suku dan budaya semua yang tergabung dalamnya beraneka ragam.Diharapkan tema faith day; Kita Bhineka- Kita Indonesia makin menyatukan semua peserta didik dan semua yang terlibat dalam aktivitas belajar dan kehidupan warga Sekolah Harapan Bangsa.
Untuk itu mari bersatu dalam doa; Allah, kami besyukur pada-Mu, karena berkat jasa begitu banyak tokoh pahlawan, Engkau menumbuhkan kesadaran kami sebagai bangsa. Kami bersyukur atas bahasa yang mempersatukan, dan atas Pancasila dasar kemerdekaan kami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI UJIAN PRAKTEK KLS VI

RANGKUMAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SD, UNTUK BLOK TEST PERTAMA '20/'21

RANGKUMAN AGAMA KATOLIK SD, PERSIAPAN BLOK TEST KEDUA SMSTR 2 2019