KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH (SD)

Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Katolik

jumlah soal      :45         = 40 PG

                                     =    5 Essay

Materi  kelas   : IV, V, VI

 

Standar Kompetensi

Materi

Indikator



1

2

3




Kelas IV, Semester 1

1.1.Memahami bahwa Allah menciptakan dirinya sebagai makhluk yang unik, mengenali perasaan-perasaannya yang dapat mengganggu persahabatan, serta lebih memahami dan menerima lingkungan hidupnya sebagai karunia Allah.

Diriku yang unik

 

 

 

1.1.1.      Menunjukkan bahwa Allah menciptakan manusia berbeda satu sama lain namun memiliki derajat yang sama dalam rangka membangun kesatuan (1Kor 12:14-20).

 



Saya dan orang lain

1.1.2. Menunjukkan bahwa Allah tidak menghendaki orang saling bertengkar, namun saling menunjukkan kerendahan hati dengan saling melayani untuk menciptakan kedamaian dan kerja sama (Luk.24-30)




Kota tempat  tinggal

1.1.3. Menjelaskan bahwa Yesus sangat mencintai daerah asalNya karena hal tersebut adalah karunia Allah (Luk.4:4-16)


1.2.Memahami bahwa Allah setia pada janjiNya dengan memberikan pedoman hidup mendampingi dan memilih pemimpin umat dalam memasuki tanah perjanjian

Allah memberikan Sepuluh Firman Allah sebagai pedoman hidup

1.2.1.      Menjelaskan manfaat 10 Firman Allah bagi manusia


1.2.2.      Menunjukkan bunyi Firman Allah ke 3


Kelas IV, Semester 2

2.1. Memahami bahwa Yesus adalah penyelamat yang dijanjikan Allah beserta karya-karya-Nya

Yesus mewartakan kerajaan Allah dengan perumpamaan

2.1.1. Menjelaskan arti kerajaan Allah dalam pewartaan Yesus


Mukjizat Yesus

2.1.2. Menunjukkan salah satu mukjizat yang dialami dalam hidup sehari-hari


2.2. Memahami kehendak Allah bagi dirinya dalam bersikap terhadap orangtua, kehidupan diri dan sesamanya

Menghormati orang tua

2.1.3. Menunjukkan cara menghormati orang tua


 

Menghormati  hidup

2.1.3. Menjelaskan sikap menghormati hidup


 

Menghormati milik orang lain

2.1.4. Memberi contoh perbuatan menghormati milik orang lain


Kelas V, Semester I

1.1.Menyadari dan memahami bahwa dirinya adalah perempuan atau laki-laki yang dipanggil oleh Tuhan untuk berkembang dan menghargai lawan jenisnya

Saya sebagai anak perempuan atau laki-laki

1.1.1.      Menjelaskan mengapa Tuhan menciptakan laki-laki dan perempuan


1.2. Memahami karya keselamatan Allah melalui keagungan dan keruntuhan kerajaan Israel.

Daud berdosa

1.2.1.      Menunjukkan dosa Daud sehingga ia ditegur oleh nabi Natan


 

Raja Salomo yang bijaksana

1.2.2.      Menjelaskan alasan Salomo meminta kebijaksanaan kepada Allah


 

Kerajaan Israel runtuh

1.2.3.      Menunjukkan akibat ketidaksetiaan bangsa Israel kepada Allah


1.3.Mengenal dan memahami karya keselamatan Allah melalui peristiwa-peristiwa Yesus yang menyelamatkan

 Yesus dicobai

1.3.1.      Menjelaskan sikap Yesus dalam menghadapi godaan


Yesus mengampuni orang berdosa

1.3.2.      Menunjukkan sikap Yesus terhadap wanita yang berdosa


Yesus mengasihi orang yang tersingkir

1.3.3.      Menjelaskan alasan orang kusta disingkirkan dari pergaulan pada zaman Yesus


Kelas V, Semester 2

2.1. Mengenal  dan memahami karya keselamatan Allah melalui peristiwa-peristiwa Yesus yang menyelamatkan

Yesus wafat

2.1.1. Menunjukkan sikap yang dapat diteladani dari peristiwa Yesus menghadapi sengsaraNya


 

Yesus bangkit dan mulia

2.1.2. Menjelaskan makna kebangkitan Yesus


2.2. Memahami dan menghayati hidup baru dalam Roh Kudus yang terungkap melalui doa-doa dan diwujudkan dalam tindakan-tindakan jujur dan adil dalam Gereja

Roh Kudus turun atas para rasul

2.2.1. Menunjukkan peranan Roh Kudus dalam hidup kita


2.3. Memahami dan  menghayati hidup baru dalam Roh Kudus yang diwujudkan dalam tindakan jujur dan adil dalam masyarakat

Hidup baru dalam Roh Kudus

2.3.1. Menunjukkan contoh hidup baru dalam Roh Kudus


 

Rupa-rupa karunia Roh Kudus

2.3.2. Menjelaskan tujuan Tuhan memberikan karunia yang berbeda pada setiap orang


 

Hari-hari raya Gereja Katolik dan agama-agama lain

2.3.3. Menjelaskan makna dari perayaan-perayaan keagamaan


 

Berbuat jujur

2.3.4. Menunjukkan perbuatan-perbuatan jujur sesuai  kehendak Allah


 

Berbuat adil

2.3.5. Menjelaskan artinya adil


Kelas VI, Semester 1

2.1. Memahami dan menyadari kesetiaan Allah akan memenuhi janji-Nya untuk menyelamatkan umat manusia melalui para nabi

Saya adalah warga negara Indonesia

2.1.1. Menunjukkan salah satu kewajibannya sebagai warga negara Indonesia


 

Saya adalah warga dunia

2.1.2. menjelaskan hubungan yang terjadi antar manusia di dunia dalam segi budaya


2.2. Memahami bahwa Allah membimbing bangsa Israel pulang dari pembuangan dan kerinduan bangsa Israel akan kedatangan seorang Mesias

Bangsa Indonesia

2.2.1. Menunjukkan sikap terhadap perbedaan ras


 

Keindahan nusantara

2.2.2. Menunjukkan sikap terhadap keindahan nusantara


 

 

2.2.3.Siswa dapat menyebutkan usaha melestarikan alam


2.3.Siswa memahami dan menyadari kesetiaan Allah akan memenuhi janji-Nya untuk menyelamatkan umat manusia

Nabi Elia

2.3.1.Siswa dapat menyebutkan tugas Nabi Elia mengingatkan bangsa Israel untuk tetap setia pada Allah


 

 

2.3.2. Siswa dapat menyebutkan tempat Elia membuktikan kemuliaan Allah kepada bangsa Israel


2.4. Siswa memahami bahwa Allah membimbing bangsa Israel pulang dari pembuangan

Bangsa Israel Pulang dari Pem-buangan

2.4.1. Siswa dapat menyebutkan nama raja yang mengijinkan bangsa Israel pulang


Kls.VI semester 2

2.5. Siswa memahami dan meyadari   kesetiaan Allah akan janji penyelamatan melaui Yesus dan Gereja.

Gereja Perdana

2.5.1. Siswa dapat menyebutkan tujuan keselamatan yang diwartakan Yesus


 

 

2.5.2. Siswa dapat menyebutkan sasaran utama kabar gembira yang diwartakan Yesus


2.6.Siswa menyadari penyertaan Allah bagi umat-Nya melalui para pemimpin

Santo Petrus Pemersatu

2.6.1. Siswa dapat meyebutkan akibat dari konflik


 

 

2.6.2. Siswa dapat menyebutkan penyebab konflik di kalangan Gereja Perdana.


 

Santo Paulus Rasul Bangsa-Bangsa

2.6.3. Siswa dapat menyebutkan alasan Yesus menyembuh-kan Saulus


 

 

2.6.4. Siswa dapat menyebutkan pokok utama pewartaan Santo Paulus

8

 

 

2.6.5. Siswa dapat menyebutkan apa yang dilakukan Paulus untuk membina umat yang ditinggalkannya.


2.7. Siswa memahami dan menyadari tugas dan peranan Gereja dalam mewartakan Kerajaan Allah

Tiga Tugas Gereja

2.7.1. Siswa dapat menyebutkan tujuan dari tugas pewarataan Gereja


2.8.Siswa memahami dan menyadari bahwa Gereja adalah persekutuan umat beriman yang dijiwai oleh Roh Kudus melaksanakan tugas perutusan Yesus Kristus mewartakan Kerajaan Allah

Roh Kudus menaungi murid-murid Yesus

2.8.1.Siswa dapat menjelaskan alasan Yesus mengutus Roh Kudus kepada para murid-Nya

- Agar mereka berani dan bersemangat  mewartakan wafat dan kebangkitan Yesus.

- Agar mereka hidup rukun sebagai saudara satu sama lain

- Agar mereka saling mendukung dalam menjalankan tugas pewartaan dan pelayanan



 

Maria Bunda Gereja

2.8.2. Siswa dapat menyebutkan sikap Bnuda Maria yang dapat diteladani

-Maria adalah seorang yang beriman teguh pada Allah

-Maria selalu berharap pada Allah

-Maria penuh cinta pada Allah dan sesama


 


2.9.Siswa menyadari dan memahami bahwa Gereja adalah sebagai persekutuan yang melaksanakan tugas perutusan Yesus Kristus,mewartakan Kerajaan Allah ,agar umat manusia memperoleh hidup kekal dalam surga dan membantu umat manusia bebas dari Neraka

Surga

2.9.1.Siswa dapat mengemukan dua (2) tindakan konkrit sehari-hari dalam menciptakan kebahagiaan.

Menolong teman yang berada dalam  kesulitan

-Belajar yang rajin agar lulus dalam ujian



 

Neraka

2.9.2. Siswa dapat  menjelaskan pesan dari kisah gadis bodoh dan gadis bijaksana:

Kita harus selalu siap sedia untuk masuk Surga lewat sikap dan tindakan kita yang membahagiakan.Kalau tidak kita akan masuk Neraka.



 

Hati Nurani

2.9.3. Siswa dapat menjelaskan tiga (3) cara membina Hati Nurani

-Mengikuti suara hati dalam segala hal.

-Mencari keterangan pada sumber yang benar.

-Koreksi atau introspeksi diri


-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI UJIAN PRAKTEK KLS VI

RANGKUMAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SD, UNTUK BLOK TEST PERTAMA '20/'21

RANGKUMAN AGAMA KATOLIK SD, PERSIAPAN BLOK TEST KEDUA SMSTR 2 2019