KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH (SD)
Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Katolik
jumlah soal :45 =
40 PG
= 5
Essay
Materi kelas : IV, V, VI
Standar Kompetensi |
Materi |
Indikator |
|
||
1 |
2 |
3 |
|
|
|
Kelas IV, Semester 1 1.1.Memahami bahwa Allah menciptakan dirinya sebagai
makhluk yang unik, mengenali perasaan-perasaannya yang dapat mengganggu
persahabatan, serta lebih memahami dan menerima lingkungan hidupnya sebagai
karunia Allah. |
Diriku yang unik |
1.1.1. Menunjukkan bahwa Allah menciptakan manusia berbeda
satu sama lain namun memiliki derajat yang sama dalam rangka membangun
kesatuan (1Kor 12:14-20). |
|
|
|
Saya dan orang lain |
1.1.2. Menunjukkan bahwa
Allah tidak menghendaki orang saling bertengkar, namun saling menunjukkan
kerendahan hati dengan saling melayani untuk menciptakan kedamaian dan kerja
sama (Luk.24-30) |
|
|
|
|
Kota tempat tinggal |
1.1.3. Menjelaskan bahwa
Yesus sangat mencintai daerah asalNya karena hal tersebut adalah karunia
Allah (Luk.4:4-16) |
| |||
1.2.Memahami bahwa Allah setia pada janjiNya dengan
memberikan pedoman hidup mendampingi dan memilih pemimpin umat dalam memasuki
tanah perjanjian |
Allah memberikan Sepuluh
Firman Allah sebagai pedoman hidup |
1.2.1. Menjelaskan manfaat 10 Firman Allah bagi manusia |
| ||
1.2.2. Menunjukkan bunyi Firman Allah ke 3 |
| ||||
Kelas IV, Semester 2 2.1. Memahami bahwa Yesus
adalah penyelamat yang dijanjikan Allah beserta karya-karya-Nya |
Yesus mewartakan kerajaan
Allah dengan perumpamaan |
2.1.1. Menjelaskan arti
kerajaan Allah dalam pewartaan Yesus |
| ||
Mukjizat Yesus |
2.1.2. Menunjukkan salah
satu mukjizat yang dialami dalam hidup sehari-hari |
| |||
2.2. Memahami kehendak Allah
bagi dirinya dalam bersikap terhadap orangtua, kehidupan diri dan sesamanya |
Menghormati orang tua |
2.1.3. Menunjukkan cara
menghormati orang tua |
| ||
|
Menghormati hidup |
2.1.3. Menjelaskan sikap
menghormati hidup |
| ||
|
Menghormati milik orang lain
|
2.1.4. Memberi contoh
perbuatan menghormati milik orang lain |
| ||
Kelas V, Semester I 1.1.Menyadari dan memahami bahwa dirinya adalah
perempuan atau laki-laki yang dipanggil oleh Tuhan untuk berkembang dan
menghargai lawan jenisnya |
Saya sebagai anak perempuan
atau laki-laki |
1.1.1. Menjelaskan mengapa Tuhan menciptakan laki-laki dan
perempuan |
| ||
1.2. Memahami karya keselamatan Allah melalui keagungan
dan keruntuhan kerajaan Israel. |
Daud berdosa |
1.2.1. Menunjukkan dosa Daud sehingga ia ditegur oleh nabi
Natan |
| ||
|
Raja Salomo yang bijaksana |
1.2.2. Menjelaskan alasan Salomo meminta kebijaksanaan
kepada Allah |
| ||
|
Kerajaan Israel runtuh |
1.2.3. Menunjukkan akibat ketidaksetiaan bangsa Israel
kepada Allah |
| ||
1.3.Mengenal dan memahami karya keselamatan Allah
melalui peristiwa-peristiwa Yesus yang menyelamatkan |
Yesus dicobai |
1.3.1. Menjelaskan sikap Yesus dalam menghadapi godaan |
| ||
Yesus mengampuni orang
berdosa |
1.3.2. Menunjukkan sikap Yesus terhadap wanita yang berdosa
|
| |||
Yesus mengasihi orang yang
tersingkir |
1.3.3. Menjelaskan alasan orang kusta disingkirkan dari
pergaulan pada zaman Yesus |
| |||
Kelas V, Semester 2 2.1. Mengenal dan memahami karya keselamatan Allah
melalui peristiwa-peristiwa Yesus yang menyelamatkan |
Yesus wafat |
2.1.1. Menunjukkan sikap
yang dapat diteladani dari peristiwa Yesus menghadapi sengsaraNya |
| ||
|
Yesus bangkit dan mulia |
2.1.2. Menjelaskan makna
kebangkitan Yesus |
| ||
2.2. Memahami dan menghayati
hidup baru dalam Roh Kudus yang terungkap melalui doa-doa dan diwujudkan
dalam tindakan-tindakan jujur dan adil dalam Gereja |
Roh Kudus turun atas para
rasul |
2.2.1. Menunjukkan peranan
Roh Kudus dalam hidup kita |
| ||
2.3. Memahami dan menghayati hidup baru dalam Roh Kudus yang
diwujudkan dalam tindakan jujur dan adil dalam masyarakat |
Hidup baru dalam Roh Kudus |
2.3.1. Menunjukkan contoh
hidup baru dalam Roh Kudus |
| ||
|
Rupa-rupa karunia Roh Kudus |
2.3.2. Menjelaskan tujuan
Tuhan memberikan karunia yang berbeda pada setiap orang |
| ||
|
Hari-hari raya Gereja
Katolik dan agama-agama lain |
2.3.3. Menjelaskan makna
dari perayaan-perayaan keagamaan |
| ||
|
Berbuat jujur |
2.3.4. Menunjukkan
perbuatan-perbuatan jujur sesuai
kehendak Allah |
| ||
|
Berbuat adil |
2.3.5. Menjelaskan artinya
adil |
| ||
Kelas VI, Semester 1 2.1. Memahami dan menyadari
kesetiaan Allah akan memenuhi janji-Nya untuk menyelamatkan umat manusia
melalui para nabi |
Saya adalah warga negara
Indonesia |
2.1.1. Menunjukkan salah
satu kewajibannya sebagai warga negara Indonesia |
| ||
|
Saya adalah warga dunia |
2.1.2. menjelaskan hubungan
yang terjadi antar manusia di dunia dalam segi budaya |
| ||
2.2. Memahami bahwa Allah
membimbing bangsa Israel pulang dari pembuangan dan kerinduan bangsa Israel
akan kedatangan seorang Mesias |
Bangsa Indonesia |
2.2.1. Menunjukkan sikap
terhadap perbedaan ras |
| ||
|
Keindahan nusantara |
2.2.2. Menunjukkan sikap
terhadap keindahan nusantara |
| ||
|
|
2.2.3.Siswa dapat
menyebutkan usaha melestarikan alam |
| ||
2.3.Siswa memahami
dan menyadari kesetiaan Allah akan memenuhi janji-Nya untuk menyelamatkan
umat manusia |
Nabi Elia |
2.3.1.Siswa dapat
menyebutkan tugas Nabi Elia mengingatkan bangsa Israel untuk tetap
setia pada Allah |
| ||
|
|
2.3.2. Siswa
dapat menyebutkan tempat Elia membuktikan kemuliaan Allah kepada bangsa
Israel |
| ||
2.4. Siswa memahami
bahwa Allah membimbing bangsa Israel pulang dari pembuangan |
Bangsa Israel Pulang dari Pem-buangan |
2.4.1. Siswa
dapat menyebutkan nama raja yang mengijinkan bangsa Israel pulang |
| ||
Kls.VI semester 2 2.5. Siswa
memahami dan meyadari kesetiaan Allah
akan janji penyelamatan melaui Yesus dan Gereja. |
Gereja Perdana |
2.5.1. Siswa
dapat menyebutkan tujuan keselamatan yang diwartakan Yesus |
| ||
|
|
2.5.2. Siswa
dapat menyebutkan sasaran utama kabar gembira yang diwartakan Yesus |
| ||
2.6.Siswa menyadari
penyertaan Allah bagi umat-Nya melalui para pemimpin |
Santo Petrus Pemersatu |
2.6.1. Siswa
dapat meyebutkan akibat dari konflik |
| ||
|
|
2.6.2. Siswa
dapat menyebutkan penyebab konflik di kalangan Gereja Perdana. |
| ||
|
Santo Paulus Rasul Bangsa-Bangsa |
2.6.3. Siswa
dapat menyebutkan alasan Yesus menyembuh-kan Saulus |
| ||
|
|
2.6.4. Siswa
dapat menyebutkan pokok utama pewartaan Santo Paulus |
8 |
||
|
|
2.6.5. Siswa
dapat menyebutkan apa yang dilakukan Paulus untuk membina umat yang
ditinggalkannya. |
| ||
2.7. Siswa
memahami dan menyadari tugas dan peranan Gereja dalam mewartakan Kerajaan
Allah |
Tiga Tugas Gereja |
2.7.1. Siswa
dapat menyebutkan tujuan dari tugas pewarataan Gereja |
| ||
2.8.Siswa memahami
dan menyadari bahwa Gereja adalah persekutuan umat beriman yang dijiwai oleh
Roh Kudus melaksanakan tugas perutusan Yesus Kristus mewartakan Kerajaan
Allah |
Roh Kudus menaungi murid-murid Yesus |
2.8.1.Siswa dapat
menjelaskan alasan Yesus mengutus Roh Kudus kepada para murid-Nya - Agar mereka berani dan bersemangat mewartakan wafat dan kebangkitan Yesus. - Agar mereka hidup rukun sebagai saudara satu sama lain - Agar mereka saling mendukung dalam menjalankan tugas pewartaan dan pelayanan |
|
| |
|
Maria Bunda Gereja |
2.8.2. Siswa
dapat menyebutkan sikap Bnuda Maria yang dapat diteladani -Maria adalah seorang yang beriman teguh pada Allah -Maria selalu berharap pada Allah -Maria penuh cinta pada Allah dan sesama |
|
|
|
2.9.Siswa menyadari
dan memahami bahwa Gereja adalah sebagai persekutuan yang melaksanakan tugas
perutusan Yesus Kristus,mewartakan Kerajaan Allah ,agar umat manusia
memperoleh hidup kekal dalam surga dan membantu umat manusia bebas dari Neraka |
Surga |
2.9.1.Siswa dapat
mengemukan dua (2) tindakan konkrit sehari-hari dalam menciptakan
kebahagiaan. Menolong teman yang berada dalam kesulitan -Belajar yang rajin agar lulus dalam ujian |
|
| |
|
Neraka |
2.9.2. Siswa
dapat menjelaskan pesan dari kisah
gadis bodoh dan gadis bijaksana: Kita harus selalu siap sedia untuk masuk Surga lewat sikap dan tindakan kita yang membahagiakan.Kalau tidak kita akan masuk Neraka. |
|
| |
|
Hati Nurani |
2.9.3. Siswa
dapat menjelaskan tiga (3) cara membina Hati Nurani -Mengikuti suara hati dalam segala hal. -Mencari keterangan pada sumber yang benar. -Koreksi atau introspeksi diri |
|
- |
Komentar
Posting Komentar