RANGKUMAN AGAMA KATOLIK SMA PTS SMSTR 2 ‘19
1. Rangkuman Kelas 10
v Bangsa Israel mewariskan pengalaman iman kepada anak cucunya dalam bentuk .kisah/cerita naratif
v Kitab Kejadian 2 : 7 -9 ,18, 21-23 berisikan tentang Tuhan menjadikan Pria dan Wanita. Kitab Kejadian melaporkan bahwa manusia pertama bernama Adam dan Hawa
v Dengan kisah penciptaan manusia dalam Perjanjian Lama,bangsa Israel bermaksud untuk mewariskan kepada anak cucunya ajaran/keyakinan bahwa: .pria dan wanita diciptakan Tuhan, manusia diciptakan untuk bersatu, manusia diciptakan untuk saling melengkapi,.pria dan wanita memiliki derajat yang sama.
v Periode antara tahun 1800-1600 SM adalah zaman bapa-bapa bangsa.Yang dimaksud dengan bapa-bapa bangsa Israel yakni Abraham –Ishak – Yakub.
v Kitab Suci terdiri dari dua periode yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.
v Daftar kitab – kitab suci yang diterima sebagai Kitab Suci resmi disebut Kanon . Kitab –kitab yang terdapat dalam kanon disebut Kitab-kitab Kanonik.
v .Orang Yahudi hanya menerima Kitab Suci yang ditulis dalam bahasa Ibrani.
v Kitab Suci Perjanjian Lama terdiri dari 4 kelompok. Terjemahan Kitab Suci ke dalam bahasa Yunani disebut Septuaginta.
v Kitab Suci Perjanjian Lama Gereja Katolik berjumlah 46 buah dan Perjanjian baru 27 buah
v Kitab Suci lengkap yang diakui oleh Gereja Katolik disebut Kanonika
v Kitab Suci Perjanjian Lama teridiri dari Kitab Taurat/Pentateukh - Kitab Sejarah – Kitab Kebijaksanaan – Kitab Nabi-Nabi
v Injil Markus 1 : 9 – 11 berisikan tentang Pembaptisan Yesus oleh Yohanes.Yesus dibaptis di sungai Yordan.
v Yesus hidup di antara periode sekitar tahun 7/6 SM – 30 M
v Penyusunan Kitab Suci Perjanjian Baru terdiri atas 4 bagian. Kitab Suci Perjanjian Baru berisikan tentang Tokoh Yesus Kristus dan pengalaman iman para rasul. Kitab Suci yang disebut Injil berjumlah : 4 buah : Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.
v Tradisi merupakan penerusan/pelanjutan kebiasaan dan keyakinan dari generasi ke generasi. Contoh tradisi dalam Gereja Katolik yakni: sistem perkawinan matrilinear, menyanyikan lagu rohani, Kitab Suci, dan Aku Percaya/Syahadat.
v Syahadat yang paling tua dan rumusannya paling pendek yakni Syahadat Para Rasul.
v .Alasan munculnya Syahadat panjang yakni munculnya aliran sesat yang menyangkal Yesus sebagai Allah dan Manusia
v Penekanan utama dalam Syahadat panjang adalah membela dimensi Ke Allahan dan Kemanusiaan Yesus
v Iman Gereja secara keseluruhan dan iman masing-masing orang disebut iman objektif dan iman subjektif
v Menurut kalender liturg Gereja Katolik, masa sebelum Paskah adalah .masa Puasa dan masa puasa biasanya berawal atau mulai pada Rabu Abu.
2. Rangkuman Kelas 11
v Sebelum Konsili Vatikan II Gereja memandang dunia sebagai realitas yang bersifat negatif dan penuh dosa. Mulai Konsili Vatikan II Gereja justru melihat dunia sebagai hal yang posotif dan menjadi mitra dialog.
v Konsili Vatikan II memandang manusia sebagai makhluk yang bermartabat karena diciptakan secitra dengan Allah.
v Keistimewaan manusia di mata Allah ditunjukkan oleh adanya unsur mendasar yang
ada pada setiap manusia yakni akal budi , hati nurani dan kehendak bebas.
v Istilah Gereja postkonsilier artinya Gereja menjadi sakramen keselamatan dengan menjadi terang,garam dan ragi.
v Dalam berdialog dengan dunia,Gereja mengembangkan nilai injili melalui kebudayaan manusia, pengetahuan, adat istiadat dan tradisi dan teknologi.
v Peran Gereja berkaitan dengan peningkatan kesadaran akan martabat manusia misalnya memperjuangkan martabat manusia sesuai dengan maksud Pencipta.
v Dalam kehidupan masyarakat Gereja berperan sebagai yang membangkitkan karya pelayanan untuk semua orang dan endorong usaha ke arah persatuan dan peningkatan bidang ekonomi
v Situasi Negara kita ditandai dengan adanya berbagai krisis antara lain , krisis lingkungan hidup , krisis ekonomi, krisis politik, krisis budaya dan pendidikan.
v .Eksploitasi besar-besaran terhadap alam akan mendatangkan krisis lingkungan hidup
v Sumber utama penyebab semua krisis dalam kehidupan manusia yakni krisis moral/etika.
v Sumbangan Gereja dalam mengemban tugas kenabiannya yakni memperjuangkan
nilai universal di antaranya keadilan – perdamaian – kejujuran.
v Ajaran tentang hak dan kewajiban berbagai anggota masyarakat berkaitan dengan
kebaikan bersama di tingkat nasional dan internasional disebut ajaran sosial Gereja.
v Ajaran sosial Gereja lebih bersifat lunak jika dibandingkan dengan ajaran Gereja
yang lebih ketat dan lazim disebut Dogma/doktrin. Alasan munculnya ajaran sosial Gereja yakni banyak masalah melanda realitas sosial manusia.
v Ajaran –ajaran sosial Gereja yang memuat ajaran para Paus sepanjang masa disebut Ensiklik
v Tahun 1891 Paus Leo XIII mengeluarkan surat pernyataan yang secara tegas
menentang kondisi tidak manusiawi masyarakat khususnya untuk membela kaum
buruh dalam masyarakat industri. Pernyataan ini dituangkan dalam sebuah ensiklik
yang bernama Rerum Novarum.
v Gaudium et Spes artinya kegembiraan dan Harapan .Ensiklik Paus Yohanes Paulus II yang membahas makna kerja manusia disebut Laborem Excercen
v Paus yang ke 266 adalah Fransiskus. Sri Paus menetap/bertempat tinggal di kota Vatikan
v Petugas yang membantu Paus dalam menjalankan pemerintahannya disebut Kardinal.
v Saat ulang tahun ke -40 Rerum Novarum (1931),Paus Pius XI menulis ensiklik tentang tanggapan atas ketidakadilan sosial masyarakat.Ensiklik yang dimaksud adalah Quadragesimo Anno
v Istilah Pacem in Terris artinya Damai di bumi.
v Istilah keadilan atau adil bermakna tidak berat sebelah dan berpegang teguh pada kebenaran.
v Kondisi hidup masyarakat yang memungkinkan setiap anggota mudah/lancar mencapai kesempurnaan di bidang rohani dan jasmani disebut kesejahteraan.
v Kegembiraan harapan,duka-kecemasan orang-orang zaman sekarang terutama yang
miskin dan menderita menjadi keprihatinan Gereja.Keprihatinan ini termuat dalam Gaudium et Spes artikel 4
3. Rangkuman Kelas 12
v Berbagai suku, bahasa, agama dan adat istiadat yang bersanding bersama sekaligus berkoeksistensi di Indonesia menandai realitas Indonesia sebagai bangsa yang majemuk/plural. Keanekaragaman kita dikristalkan dalam adagium “ Bhineka Tunggal Ika” yang bermakna : berbeda-beda namun tetap satu
v Bersatu dalam Indonesia tidak harus membuat kita seragam.Karena politik keseragaman berpeluang memunculkan adanya konflik horisontal.
v Contoh konkret penerapan politik penyeragaman tampak dalam sejarah Indonesia khususnya pada masa masa Orde Baru.
v Pada kodratnya kebhinekaan di Indonesia sesungguhnya merupakan proses yang perlu terus diperjuangkan/dipertahankan dan diwujudkan .
v Munculnya gerakan separatisme (Aceh,Papua.Ambon) menandai adanya gejala disintegrasi bangsa.
v Realitas masyarakat di zaman Yesus juga ditandai adanya keanekaragaman. Namun sikap yang ditunjukkan Yesus yakni bergaul dengan semua orang ,baik Yahudi maupun non Yahudi.
v Perjanjian Lama mengisahkan Bangsa Terpilih sering kali menghayati rasa satu bangsa,satu satu Tuhan,satu negeri,satu tempat ibadat. Hal ini terdapat dalam Kitab Bilangan 12.
v Laporan Kitab Suci menyebutkan bahwa ketika Bangsa Israel pulang dari Mesir menuju Tanah Kanaan (Yos.6: 1-15),mereka sungguh bersatu dan dapat merebut kembali tanah terjanji. Keberhasilan medrebut tanah itu dimpimpin oleh Yosua
v Salah satu contoh sikap keterbukaan Yesus terhadap suku bangsa lain yakni berdialog dengan wanita Samaria di sumur Yakub. Samaria menurut Yahudi adalah orang kafir.
v Yang merupakan sikap-sikap positif yang dikembangkan dalam realitas kemajemukan adalah : menghargai orang lain , menjaga keamanan, rendah hati dan solider.
v Tokoh-tokoh pejuang HAM di Indonesia adalah Marsinah dan Munir.
v Pengeramatan Pancasila dan doktrin Wawasan Nusantara merupakan contoh doktrin monolitik yang menekankan kebhinekaan aspirasi dan pandangan di Indonesia.Hal ini merupakan gambaran situasi bangsa kita yang sakit di bidang : . politik
v Penumupukkan kekayaan hanya di tangan segelintir orang di negeri ini menggambarkan adanya kondisi inkondusif di bidang ekonomi
v Akar mendasar dari perspektif spiritual munculnya berbagai masalah di Indonesia sebenarnya akibat adanya : kurangnya iman yang menginspirasi kehidupan nyata
v Golongan yang banyak melanggar aturan di zaman Yesus yakni: pemimpin politik dan pemimpin agama. Dan Terhadap orang Farisi yang menerapkan hukum taurat secara harafiah ,sikap Yesus mengkritik dengan tegas dan keras.
v Perjuangan yang disampaikan Yesus di zamannya bukan perjuangan politis namun tetap dalam tema dasar misi Yesus untuk mewartakan Kerajaan Allah/kabar Gembira.
v Yesus tampil sebagai tokoh revolusioner yang membebaskan manusia dari belenggu: egoisme , ketidakadilan, kesombongan dan kesewenang-wenangan.
v Dimensi pembebasan yang diwartakan Yesus menekankan peralihan sikap dari praktik egoisme kepada sikap mengabdi Allah dan sesama yang lazim disebut keselamatan.
v Sebagai umat Kristiani kita hendaknya berusaha untuk membangun etika/moralitas yang mengutamakan bonum commune yang artinya kebaikan bersama
v Yang merupakan prinsip membangun masyarakat adil- sejahtera adalah: hormat pada martabat manusia, kebebasan, keadilan dan solidaritas.
v Menghargai kemampuan setiap manusia baik pribadi maupun kelompok untuk berusaha sendiri sambil dibantu oleh pihak lain yang lebih kuat merupakan prinsip solidaritas.
v Komitmen penuh pengabdian dalam pelaksanaan tugas disebut tanggung jawab.
v Cara,pola dan pendekatan perjuangan untuk memperjuangkan masyarakat yang dikehendaki Tuhan perlu dilakukan dengan cara melibatkan sebanyak mungkin orang mulai dari akar rumput.
v Rasa kebanggaan terhadap bangsa disertai rasa cinta mendalam pada tanah air disebut nasionalisme-patriotis
v Sikap cinta tanah air di bidang kenegaraan ditunjukkan dengan cara: berusaha mempelajari tata Negara, menaati undang-undang, bergiat dalam organisasi massa, berusaha memajukan Negara dengan rajin belajar.
v Tindakan yang mengungkapkan cinta pada tanah air di bidang kebudayaan dapat diwujudkan dengan cara: 1) mempelajari seni dan kebudayaan daerah , 2) belajar budaya nasional bangsa 3) terlibat dalam kegiatan promosi budaya , 4) meningkatkan kesenian daerah dan nasional
v Bangsa Israel mewariskan pengalaman iman kepada anak cucunya dalam bentuk kisah/cerita naratif
v Kitab Kejadian melaporkan bahwa manusia pertama bernama Adam dan Hawa
v Dengan kisah penciptaan manusia dalam Perjanjian Lama,bangsa Israel bermaksud untuk mewariskan kepada anak cucunya ajaran/keyakinan bahwa: pria dan wanita diciptakan Tuhan, manusia diciptakan untuk bersatu, manusia diciptakan untuk saling melengkapi, pria dan wanita memiliki derajat yang sama.
v Periode antara tahun 1800-1600 SM adalah zaman bapa-bapa bangsa.Yang dimaksud dengan bapa-bapa bangsa Israel yakni Abraham –Ishak – Yakub.
v Daftar kitab – kitab suci yang diterima sebagai Kitab Suci resmi disebut .Kanon
v Kitab –kitab yang terdapat dalam kanon disebut Kitab-kitab Kanonik
v Orang Yahudi hanya menerima Kitab Suci yang ditulis dalam bahasa Ibrani.
v Sebelum Konsili Vatikan II Gereja memandang dunia sebagai realitas yang bersifat negatif dan penuh dosa.
v Mulai Konsili Vatikan II Gereja justru melihat dunia sebagai hal yang .posotif dan menjadi mitra dialog
v Keistimewaan manusia di mata Allah ditunjukkan oleh adanya unsur mendasar yang
ada pada setiap manusia yakni akal budi,hati nurani dan kehendak bebas.
Komentar
Posting Komentar